Sudahkah Kita Melatih Anak-anak Kita Agar Gemar Membaca ?

“Membaca adalah jendela dunia” ,  begitu kata banyak orang.

Tapi sadarkah kita (para orang tua), bahwa kita sering mengabaikan upaya-upaya agar anak gemar membaca ?

biasanya kita sebagai orang tua hanya pasrah kepada para guru di sekolah.

Sadarkah kita bahwa waktu yang dimiliki oleh anak-anak kita lebih banyak bersama orang tua atau keluarga di rumah dibandingkan di sekolahnya ???

Itulah kenapa peran orang tua sangat penting dalam kepribadian anak-anak, tentunya peran guru di sekolah juga sangat penting, namun jangan sampai melupakan peran orang tua di rumah.

Bagaimana cara agar anak-anak kita gemar membaca ?

Ada banyak cara, salah satunya bisa dengan membelikannya novel khusus anak-anak, jangan lupa untuk memilihkan novel yang ceritanya positif dan mengandung unsur ajaran agama, khususnya agama islam. Kita juga bisa membelikan komik-komik khusus anak-anak yang berisi ilmu pengetahuan Alam yang dikemas menarik bagi anak-anak agar mereka tidak mudah jenuh saat membacanya, juga pilihlah novel atau komik anak-anak yang alur ceritanya mudah dipahami oleh anak-anak kita.

Kita juga  bisa memotivasinya dengan menjadikan buku, novel atau komik sebagai hadiah bagi anak-anak kita di saat memdapat prestasi tertentu di sekolahnya, sehingga secara psikologis, anak akan menjadikan buku, novel atau komik tersebut sebagai sesuatu yang istimewa dan membanggakan baginya. Hal ini akan sangat berpengaruh pada semangat anak untuk gemar membaca.

Selain itu kita juga bisa menyediakan lokasi atau ruangan khusus di rumah kita, dengan begitu anak akan merasa dihargai dan diberikan kesempatan yang baik untuk membaca.

Jika memungkinkan, berikan jadwal khusus untuk membaca secara bersama-sama antara anak-anak dan orang tua dengan kegemarannya masing-masing. Jangan pernah memaksakan kepada anak untuk membaca buku, novel atau komik tertentu. Biarkanlah mereka memilih sendiri kesukaannya. Tentunya tugas orang tua untuk menyeleksi mana yang boleh dan mana yang tidak boleh dibaca oleh anak-anaknya.

Yang terakhir, segera praktekkan :)   dan nikmati prosesnya.

Jika Anda punya pendapat lain atau ingin melengkapi tulisan ini, silahkan tuliskan di Komentar di bawah posting tulisan ini.

Sekian dari saya. semoga memberikan banyak manfaat bagi Anda para pembaca.

M. Shoim

email : bukuislamkita@gmail.com

Mojokerto 23 Februari 2012,  jam 02:22 wib

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s